Thursday, October 14, 2010

6 Ciri Pemimpin Yang Sukses

Setiap pemimpin dalam bidang apa saja, menginginkan kesuksesan dalam kepemimpinannya. Kesuksesan itu tidak datang dengan sendirinya, namun diperlukan integritas, kerja keras, pengorbanan dan keuletan. Di bawah ini ada enam ciri pemimpin yang sukses.

1. Punya perspektif yang luas dan jauh ke depan. Pemimpin yang berpandangan sempit tidak punya kans untuk sukses. Tapi sebalik, pemimpin dengan paradigma terbuka, berwawasan global dan visi yang tajam, cepat atau lambat ia pasti sukses dalam kepemimpinannya.

2. Punya jejaring yang luas. Salah satu hal yang menunjang kesuksesan seorang pemimpin ialah relasinya yang berskala regional, nasional dan internasional. Relasi yang luas perlu dibangun dan ditumbuhkembangkan secara ajeg dan bijak serta dinamis.

3. Punya self image yang positif. Pemimpin yang sukses tidak takabur dan lupa diri. Tapi ia punya gambar diri yang baik dan positif. Ia mengenal kekuatan dan kelemahannya. Ia menyukai dirinya secara utuh. Ia tidak khawatir akan dilampaui oleh orang lain. Ia percaya kepada Tuhan dan dirinya.

4. Punya skill sosial yang positif. Artinya dihati pemimpin punya keinginan kuat untuk menolong orang lain/pengikutnya selalu bertumbuh dan berkembang. Ia selalu mencoba membantu orang lain agar berkembang hingga berhasil mencapai potensi mereka, sehingga mereka juga bisa menjadi pemimpin besar lebih dari dirinya. Ia tidak menarik tangga ketika ada di puncak. Tapi dia membantu orang lain untuk bisa menaiki tangga yang sama untuk sukses.

5. Punya jiwa penolong. Seorang pemimpin punya harapan agar mereka bisa mengoptimalkan dunianya dengan cara membantu orang lain. Ia selalu membagi hidup dan dirinya dengan orang lain.

6. Punya keakraban yang kondusif dan dinamis. Pemimpin yang akrab dengan orang lain akan menentukan tingkat kesuksesannya. Sebab mereka berupaya untuk dapat bekerja sama dan bersinergi dengan orang lain. Ia tidak berjalan dan bekerja sendiri.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments