Tuesday, January 11, 2011

Health Care

Salah satu masalah terbesar dalam hidup manusia yang sulit dipecahkan ialah berkaitan dengan sakit-penyakit. Sering pertanyaan yang mengemuka kala seseorang sakit ialah: "Mengapa saya menderita atau mengapa saya mengalami penyakit seperti ini?" Pertanyaan ini mengindikasikan bahwa seseorang yang mengalami penderitaan menginginkan untuk mendapatkan jawaban. Namun jawaban yang diinginkan itu sering tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh sebab itu, dibawah ini ada beberapa petunjuk yang dikutip dari tulisan Dilwyn Price yang kiranya dapat menolong pembaca ketika mengalami penderitaan.

1. Ketidak-sempurnaan dunia ini. Sejak Adam dan Hawa gagal untuk taat kepada ketetapan Allah, dunia dan segala isinya berada dalam kekuasaan Iblis serta tidak lagi stabil. Inilah salah satu kontribusi bagi terjadinya penderitaan dalam kehidupan manusia sampai sekarang ini.
2. Kesalahan manusia sendiri. Manusia sering tidak menyadari bahwa dirinya sendirilah yang menjadi penyebab ia mengalami penderitaan atau sakit-penyakit. Misalnya, mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan, merokok, penyalah-gunaan obat-obatan, keserakahan, egois, minum-minuman keras dan lain-lain. Semua sebenarnya dapat diatasi dengan cara merawat, menghargai dan mengembangkan pola hidup sehat serta mengasihi sesama seperti dirinya sendiri.
3. Hukuman Allah. Seperti seorang bapa yang ketika anaknya melakukan kesalahan, pasti ada hukuman yang diberikan, baik dalam bentuk teguran dan juga pukulan. Demikian juga manusia yang melakukan kesalahan atau dosa, pasti akan dihukum oleh Allah. Ini dapat kita temukan dalam Alkitab.
4. Disebab oleh Iblis dan roh-roh jahat.
5. Proses pemurnian dari Allah. Tujuannya ialah untuk memurnikan karakter kita umatNya.
6. Mengajar kita umatNya agar tidak mengandalkan kekuatan sendiri.
7. Supaya nama Allah dimuliakan - Yoh.9:1-41 dan Yoh.11:1-44.
8. Untuk menunjukkan sesuatu kepada Iblis. Tujuan Allah mengijinkan kita menderita ialah untuk menunjukkan kepada Iblis bahwa manusia bisa mengasihi Allah meskipun mengalami penderitaan. Contohnya Ayub.
9. Penderitaan, termasuk yang disebabkan oleh sakit-penyakit, dapat membawa kebaikan bagi kita umatNya. Karena Allah turut bekerja dalam penderitaan yang kita alami untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Allah dan terpanggil sesuai dengan rencanaNya.

Marilah kita memiliki sikap yang tepat dan benar, bila mengalami penderitaan atau sakit penyakit dalam hidup ini. Jangan mengeluh, bersungut-sungut, mempersalahkan diri sendiri, orang lain dan terlebih Tuhan. Mengucap syukurlah dalam segala hal, termasuk bila kita mengalami keadaan yang buruk dalam hidup ini. Tuhan tidak akan pernah mengecewakan kita anak-anakNya. Dia selalu berbuat yang terbaik untuk kita.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments