Monday, January 31, 2011

Mukjizat: Cara Tuhan Mengatasi Problema Manusia

“Menjelang malam dibawalah kepada Yesus banyak orang yang kerasukan setan dan dengan sepatah kata Yesus mengusir roh-roh itu dan menyembuhkan orang-orang yang menderita sakit. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:
Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita” Matius 8:16-17

Pengantar

Dari perspektif ilmu kedokteran, sakit-penyakit yang diderita oleh manusia dipicu oleh faktor fisiologis dan psikosomatis. Namun, dari perspektif Alkitab pemicu utamanya ialah aspek rohani dimana dosa dan Iblis mempengaruhi keadaan rohani dan jasmani manusia.

Kemajuan dibidang ilmu kedokteran begitu menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Berbagai obat telah ditemukan. Metode penyembuhan pun begitu beragam. Mulai dari yang ilmiah sampai kepada yang herbal. Bahkan penyembuhan alternatif pun akhir-akhir ini memperlihat peningkatan yang signifikan. Semua itu ditawarkan kepada kita.
Minat manusia untuk menggunakan obat dan metode penyembuhan juga tinggi. Ini seiring dengan kompleksitas penyakit yang hampir setiap saat bermunculan. Serangan bakteri dan virus penyakit tidak pandang buluh. Orang bukan Kristen dan orang Kristen juga diterjangnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada obat dan metode penyembuhan itu ada yang berhasil. Penderita mengalami kesembuhan.

Perspektif Alkitab berkaitan denga sakit-penyakit cukup menarik untuk kita selidiki. Allah menyatakan diri sebagai Penyembuh. Sebagai Penyembuh menunjukkan bahwa Allah menjadi sumber kesembuhan yang sempurna bagi manusia. Kesembuhan sempurna disini bukan saja bicara soal penyakit fisik tapi juga berhubungan sakit rohani.

Menurut catatan Alkitab ada solusi yang Allah sendiri berikan kepada manusia. Ketika manusia mengalami persoalan yang kompleks, Allah menjadi Pribadi yang dapat memberikan solusi dan jawaban sempurna bagi segala persoalan kita. Baik masalah fisik dan juga masalah rohani.

Untuk masalah dosa, Allah menyediakan pengampunan melalui pengorbanan Tuhan Yesus Kristus di atas kayu salib. Untuk masalah kematian, Allah menyediakan kebangkitan melalui kebangkitan Yesus sebagai buah sulung dari kebangkitan tubuh dan memberi hidup yang kekal kepada kita. Sedangkan untuk sakit-penyakit, Allah menyediakan kesembuhan.

Dengan demikian, sepanjang kehidupan Yesus di dunia ini, pelayanan-Nya yang rangkap tiga ialah mengajarkan firman Allah, memberitakan pertobatan (masalah dosa) dan berkat-berkat kerajaan Allah (kehidupan) dan menyembuhkan semua penyakit dan kelemahan di antara manusia menjadi fakta penting tentang semua pertolongan dan kesanggupan Allah untuk mengatasi masalah manusia.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments