Tuesday, February 8, 2011

Kuat Di dalam Tuhan

 Manusia secara fisik bisa kuat apabila dia memenuhi unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Kendati demikian fisik manusia juga akan mengalami penurunan kekuatannya. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Antara lain usia yang bertambah, sakit-penyakit yang menyerang fisiknya. Hal ini menunjukkan bahwa manusia tidak bisa selamanya mengandalkan keuatannya.

Pada sisi lain manusia juga adalah makhluk rohani. Karena manusia juga adalah makhluk rohani, maka dia butuh kekuatan rohani. Kekuatan rohani kita bisa lemah. Pemicu beragam. Itu sebabnya Alkitab menasehati kita supaya kita kuat di dalam Tuhan. Pertanyaan ialah mengapa kita harus kuat di dalam Tuhan? Dan apa untungnya kita kuat di dalam Tuhan?

1. Karena ada ancaman bahaya - Mazmur 121:6-7
Ancaman bahaya senantiasa menghadang hidup kita. Bahaya di darat. Bahaya di laut. Bahaya di udara. Bahaya yang kelihatan. Bahaya yang tidak kelihatan. Bahaya di waktu siang. Bahaya di waktu malam. Bakteri dan virus yang terus bertebaran.

Bila hal-hal itu menimpa kita, maka secara fisik kita akan menjadi lemah. Kekuatan kita akan berkurang. Kita mudah kecewa, marah, putus asa, bahkan komplain sama Tuhan. Keadaan di sekitar kita tidak seperti yang kita harapkan.

Ancaman bahaya di atas tidak bisa kita prediksi kapan akan menimpa kita. Oleh sebab itu, kita harus kuat secara rohani. Kita harus berlindung pada Tuhan. Kita harus berharap kepada Tuhan. Kita harus mengandalkan Tuhan. Kita harus berpegang kepada janji-janji Tuhan. Kita harus membangun hidup rohani kita di dalam Tuhan. Hanya dengan cara demikian, kita bisa bertahan dan tetap tegak berdiri ditengah ancaman bahaya tersebut.

2. Karena kita ada dalam arena peperangan - Efesus 6:12.
Kita harus sadar bahwa kita sedang berada di medan pertempuran. Kita harus selalu waspada, agar musuh tidak mudah mengalahkan kita. Musuh kita, bukanlah darah dan daging atau manusia. Musuh kita ialah kekuatan jahat, Iblis dan antek-anteknya.

Musuh ini tidak pernah istrahat. Pagi, siang dan malam, terus kerja keras. Mereka selalu siap untuk menangkap orang yang tidak siaga. Tidak berlindung pada Tuhan. Tidak membaca firman Tuhan. Tidak bersekutu dengan Tuhan. Menjauhkan diri dari persekutuan rohani. Suka hidup di jalan yang berdosa. Bergaul dengan orang-orang yang melakukan kejahatan. Orang-orang seperti itulah yang akan mudah dikuasai oleh Iblis dan antek-anteknya.

Oleh sebab itu, kita harus kuat di dalam Tuhan. Kekuatan kita sendiri tidak cukup kuat untuk melawan Iblis dan antek-anteknya. Kita harus berserah kepada Tuhan. Kita harus membangun mesbah doa. Tekun membaca, merenungkan dan menghayati serta melakukan firman Tuhan dalam hidup kita. Mempraktekkan kebenaran dalam hidup kita sehari-hari. Hanya dengan cara demikian, musuh bisa kita kalahkan.

3. Keuntungan Kuat Di dalam Tuhan.
Tentunya, kuat di dalam Tuhan, bukan mengandalkan kekuatan kita sendiri. Kita harus mengandalkan Roh Kudus dan membiarkan Dia menguasai dan memimpin hidup kita. Apa saja keuntungan kuat di dalam Tuhan.
a. Kita mampu bersyukur di tengah situasi yang tidak kita inginkan.
b. Kita tidak mudah kecewa dan putus asa dalam hidup ini.
c. Kita menyadari akan kedaulatan dan otoritas dalam hidup kita.
d. Kita tidak mudah mempersalahkan situasi dan orang lain.
e. Kita dapat menguasai dan mengendalikan situasi hidup kita.
f. Kita semakin kuat dalam pengharapan kepada Tuhan.
g. Iman kita bertumbuh.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments