Thursday, April 28, 2011

Takut Akan Tuhan

Perintah yang sering diberikan kepada umat Allah dalam PL ialah untuk takut akan Allah atau takut akan Tuhan. Pentinglah untuk memahami apa yang dimaksudkan perintah ini bagi kita selaku orang percaya.
Arti Takut akan Tuhan
Takut akan Tuhan meliputi berbagai aspek berbeda dari hubungan seorang percaya dengan Allah.
1. Yang perlu untuk takut akan Allah adalah kesadaran akan kekudusan, keadilan, dan kebenaran-Nya sebagai pasangan terhadap kasih dan pengampunan-Nya, yaitu mengenal Dia dan memahami sepenuhnya siapa Dia. Takut semacam itu berlandaskan pengakuan bahwa Allah adalah Allah yang kudus, yang tabiat-Nya itu membuat Dia menghukum dosa.

2. Takut akan Tuhan berarti memandang Dia dengan kekaguman dan penghormatan kudus serta menghormati-Nya sebagai Allah karena kemuliaan, kekudusan, keagungan dan kuasa-Nya yang besar.
3. Takut yang sejati akan Tuhan menyebabkan orang percaya menaruh iman dan kepercayaan untuk beroleh selamat hanya kepada-Nya.
4. Takut akan Allah meliputi kesadaran bahwa Dialah Allah yang marah terhadap dosa dan berkuasa untuk menghukum mereka yang melanggar hukum-hukum-Nya yang adil, baik dengan segera maupun dalam kekekalan.
Alasan untuk Takut akan Tuhan
Alasan-alasan untuk takut akan Tuhan bersumber dari pengertian untuk takut akan Tuhan.
1. Kita harus takut akan Tuhan karena kuasa-Nya yang besar selaku pencipta segala sesuatu dan semua bangsa.
2. Lagipula kuasa mengagumkan yang terus dijalankan-Nya atas unsur-unsur ciptaan dan atas kita.
3. Bila kita menyadari kekudusan Allah yaitu pemisahan dari dan perlawanan-Nya yang tanpa berkeputusan terhadap dosa, maka tanggapan normal seorang manusia ialah takut kepada-Nya.
4. Setiap orang yang menyaksikan kecermelangan kemuliaan Allah mau tidak mau akan menjadi takut.
5. Berkat-berkat yang terus menerus kita terima dari Dia, khususnya pengampunan dosa, seharusnya membuat kita takut dan mengasihi Dia.
6. Tidak dapat disangkal lagi, kenyataan bahwa Allah adalah Allah yang adil yang akan menghukum seluruh umat manusia mendatangkan takut akan Dia.
Implikasi Pribadi tentang Takut akan Tuhan
Takut akan Tuhan bukan hanya sekedar suatu doktrin Alkitabiah; dalam banyak hal takut akan Tuhan mengena langsung pada kehidupan sehari-hari kita.
1. Jika kita sungguh-sungguh takut akan Tuhan, kita akan hidup taat kepada perintah-perintah-Nya dan dengan tegas menampik dosa.
2. Suatu akibat wajar yang penting dari implikasi di atas ialah bahwa orang percaya harus mengajar kepada anak-anaknya untuk takut akan Tuhan dengan membina mereka untuk membenci dosa dan taat kepada perintah-perintah Allah yang kudus.
3. Takut akan Tuhan mempunyai efek yang menyucikan pada umat Allah. Takut akan Allah membuat kita membenci dosa dan menjauhkan diri dari kejahatan.
4. Takut yang kudus akan Tuhan mendorong umat Allah untuk menyembah Dia dengan segenap dirinya. Jikalau kita sungguh-sungguh takut akan Allah, kita akan menyembah dan memuliakan Dia sebagai Tuhan atas segala sesuatu.
5. Allah sudah berjanji untuk memberikan pahala kepada semua orang yang takut akan Dia, yaitu kekayaan, kehormatan dan kehidupan.
6. Takut akan Tuhan disertai dengan keyakinan dan kenyamanan rohani yang tidak terkatakan bagi umat Allah.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments