Friday, May 6, 2011

Mengembangkan Komunikasi Yang Membahagiakan

Komunikasi. Tidak selalu mudah. Perlu dikembangkan. Mengapa? Karena tidak semua komunikasi dapat dijalankan secara baik dan tepat. Peranan komunikasi dalam lapangan kehidupan di dunia ini sangat signifikan dan punya pengaruh. Penggunaan sarana komunikasi pun sangat fariatif. Verbal - non verbal, langsung maupun tidak langsung, cetak maupun elektronik. Dll.

Komunikasi dalam kepemimpinan sangat penting. Ini merupakan saluran yang menghubungkan pemimpin dengan pemimpin, pemimpin dengan bawahan, bawahan dengan bawahan. Kelancaran tugas kepemimpinan sangat dipengaruhi oleh skill komunikasi. Sukses atau gagalnya sebuah organisasi dalam mencapai tujuan salah satunya dipengaruhi oleh komunikasi.

Oleh sebab itu mengembangkan komunikasi perlu dilakukan. Salah satu solusi terbaik. Bila ini bisa dilakukan, niscaya sangat membahagiakan semua pihak yang terlibat dalam sebuah jaringan. Baik antar pribadi, kelompok, perusahaan, dan lembaga lainnya.

Apa saja yang perlu dikembangkan dalam sebuah komunikasi yang menuju kebahagiaan?

Pertama, asas kesamaan. Komunikasi mengandung unsur kesamaan. Artinya, antara pimpinan dan bawahan harus mampu memposisikan diri secara tepat dan benar ketika menyampai pendapat melalui komunikasi yang sejuk, santun dan elegant. Sehingga tidak terjadi mis komunikasi. Di mata komunikasi semua sama rata sama rasa. Tidak ada perbedaan. Kalau hal ini ditumbuh-kembangkan secara baik, maka komunikasi akan jalan dengan lancar, konflik pasti terhindarkan.

Kedua, asas kesatuan. Komunikasi memiliki aspek kesatuan. Artinya, ada kesatuan bahasa. Dalam banyak kenyataan, bahasa sebagai saluran tidak selamanya efektif atau memenuhi keinginan dalam komunikasi. Bahasa punya fungsi untuk menyampaikan gagasan, perasaan, hasrat, keinginan, pertimbangan, penilaian, cita-cita dan isi hati dari setiap insan manusia. Kesatuan dalam bahasa, akan memudahkan mendapat kesatuan pikiran, perasaan, kemauan, cita-cita dan pertimbangan.

Ketiga, asas tujuan. Komunikasi mempunyai asas tujuan yang akan dicapai. Terdapat saling hubungan dan saling mempengaruhi antara azas-azas itu dengan asas kesatuan tujuan.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments