Saturday, April 21, 2012

MENTAL MANDIRI

Mental mandiri ~ "...kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu" Lukas 5:24. Ada beberapa kebenaran penting yang dapat kita pelajari dari firman Tuhan di atas. Diceritakan bahwa ada seorang lumpuh yang digotong oleh ke empat temannya untuk di bawa kepada Yesus.

Untuk bisa sampai kepada Yesus ternyata bukan hal yang mudah karena tempat di mana Yesus sedang mengajar sudah penuh orang sehingga mereka bahkan harus menggotong temannya yang lumpuh itu melalui atap rumah agar bisa bertemu dengan Yesus. Karena Yesus melihat iman mereka, maka Yesuspun menyembuhkan orang yang lumpuh itu.


Perhatikan bagaimana Yesus berkata kepada orang lumpuh tersebut, "Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" Setelah orang lumpuh tersebut disembuhkan dan bisa berjalan ternyata dialah yang harus mengangkat tilamnya sendiri.

Orang lumpuh tersebut tidak boleh meminta kepada keempat temannya untuk kembali mengangkat tilamnya. Dia sudah disembuhkan, maka dia sendiri yang harus mengangkat tilamnya. Mental mandiri. Kurang lebih seperti itulah perintah Tuhan kepada si lumpuh setelah ia disembuhkan. Pertumbuhan rohani kitapun harusnya demikian.

Setelah kita percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, kita tidak bergantung kepada orang lain untuk bertumbuh dalam iman dan kerohanian kita. Kita bertanggung jawab penuh atas hal itu.

Kita harus mandiri dalam membangun rumah rohani kita. Kiranya melalui renungan di atas, kita dimotivasi agar tidak terus-menerus menggantungkan iman kita kepada orang lain. Seperti bapa rohani kita. Tetapi marilah kita bertumbuh secara terus-menerus dalam hidup rohani kita.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments