Thursday, June 7, 2012

WARISAN IMAN

Warisan iman ~ Setiap orangtua selalu memiliki keinginan yang kuat untuk mewariskan sesuatu kepada anak-anaknya. Itu sebabnya banyak orangtua bekerja keras mengumpulkan harta selama kesempatan hidup yang dimilikinya. Tujuan hanya satu, yaitu supaya anak-anaknya dikemudian hari tidak terlantar atau hidup dalam kemiskinan.

Meninggalkan warisan kepada anak-anak dan cucu-cucu itu baik adanya. Suatu tujuan mulia yang patut dihargai. Lebih jauh, anak-anak tidak mengalami kesulitan hidup dari segi ekonomi. Ini sah-sah saja. Tidak ada yang melarangnya. Namun faktanya, banyak anak yang menerima warisan dari orangtuanya berkonflik satu sama lainnya.


Persaudaraan mereka menjadi rusak hanya karena warisan yang ditinggalkan oleh orangtua mereka. Permusuhan di antara anak-anak bisa bertahun-tahun bahkan sampai dibawa sampai ke liang lahat. Mengerikan. Hal di atas bisa terjadi karena berbagai faktor. Egois dan hawa nafsu pemicu utamanya. Masing-masing pihak hanya memikirkan dan melihat kepentingannya saja tanpa memikirkan kepentingan yang lain.

Dan yang lebih menyedihkan ialah pembentukan karakter rohani tidak dilakukan dengan baik oleh orangtua. Hal ini banyak diabaikan oleh orangtua. Orangtua tidak mewariskan nilai-nilai spiritual kepada anak-anaknya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi orangtua masa kini untuk bukan saja mewariskan harta kekayaan bagi anak-anaknya.

Tetapi juga harus mewariskan nilai-nilai iman yang didasarkan pada ajaran Alkitab. Bila orangtua fokus dengan hal itu, tentu ada nilai positif bagi anak-anaknya. Keturunannya tidak gonto-gontokan hanya karena warisan. Tetapi mereka akan rukun satu dengan yang lainnya karena ada kasih di dalamnya.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments