Wednesday, May 28, 2014

PENGENALAN AKAN TUHAN

Pengenalan akan Tuhan ~ Pengetahuan yang benar akan Allah seharusnya dimiliki oleh semua orang Kristen. Pengenalan yang senantiasa bertumbuh, sebab kita tidak pernah bisa tuntas mengukurnya. Dalam Kisah Para Rasul dicatat bahwa Paulus tinggal selama beberapa tahun di Efesus untuk mengabarkan Injil, membentuk jemaat, menggembalakan dan mengajar di balai Tiranus - KPR 19:9.

Banyak yang mengagumi dan mengasihi Paulus di Efesus, ini terlihat ketika Paulus akan ke Yerusalem dimana ia akan menghadapi penganiayaan. Ketika mereka tahu bahwa Paulus benar-benar berada dalam penjara, mereka merasa sangat sedih dan gelisah. Maka, Paulus menulis surat tersebut untuk menghibur mereka. Paulus berdoa, mengajak mereka untuk bersikap optimis menghadapi keadaan yang pesimistis, Paulus menghimbau dan mendoakan mereka untuk mengubah kesesakan menjadi ucapan syukur.


Kata "memahami ... mengenal" mengandung pengertian mengerti. Maksudnya, pertama, mengerti rencana-rencana penyelamatan Allah dalam segala kekayaan dan kedalaman-Nya. Kedua, mengerti kasih Kristus dengan rencana penyelamatan-Nya sebagai pernyataan yang sempurna, menakjubkan. Sehingga kepada jemaat yang mempertanyakan kesesakan yang dialaminya,

Paulus mendoakan supaya mereka "bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami betapa lebarnya, panjangnya, tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. "Itulah yang akan menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih - Efesus 3:16-19. Dengan perkataan lain, melalui penghayatan yang benar akan kasih Kristus, mereka disanggupkan untuk mengucap syukur di tengah kesesakan.

Sebagaimana Paulus, ia memberi teladan dalam hal berdoa. Ia juga menghendaki di tengah kesesakan yang dialami oleh umat Kristen saat itu, mereka tetap beriman teguh kepada Allah yang "dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita". Dengan kita berdoa dan bersekutu dengan Tuhan, kita akan lebih mengenal pribadi Allah.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments