Wednesday, May 14, 2014

RAHASIA MENANG ATAS PENCOBAAN

Rahasia memang atas pencobaan ~ Pencobaan selalu ada di jalan hidup kita. Itulah realita yang tidak bisa kita pungkiri. Pencobaan acap kali memporak-porakan sendi-sendi hidup seseorang. Tetapi di sisi lain, pencobaan juga memperkuat hidup orang yang lain. Ada yang jatuh ke dalam pencobaan dan kalah serta tidak bisa bangkit lagi.

Namun, ada juga yang menjadi pemenang atas cobaan hidup yang dialaminya. Itulah dua kelompok manusia yang sama-sama mengalami pencobaan, namun ada perbedaan yang signifikan kelompok yang satu dengan yang lainnya.

Tentu kita semua ingin seperti kelompok pemenang atas pencobaan. Tetapi bagaimana caranya untuk menang atas pencobaan hidup? Apa rahasia sesungguhnya?

Kisah dalam Injil Matius 4:1-11 wajib kita simak bersama. Dalam kisah itu dijelaskan tentang Yesus yang mengalami pencobaan di padang gurun. Pencobaan itu dilancarkan oleh Iblis kepada Yesus. Serangan Iblis begitu luar biasa terhadap Yesus.

Namun, Yesus tampil sebagai pemenang dengan mengalahkan Iblis yang mencobainya. Mari kita belajar tentang rahasia kemenangan Yesus atas pencobaan yang dilancarkan Iblis terhadap diri-Nya. Bagaimana supaya bisa menang atas cobaan hidup?

1. Hidup dalam pimpinan Roh Kudus - Matius 4:1
"Maka Yesus di bawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis". Kehidupan Yesus dalam pencobaan itu bukan dari diri-Nya sendiri tetapi atas pimpinan Roh Kudus. Hal inilah yang menyebabkan Yesus bisa menang atas pencobaan. Kita juga bisa menang atas cobaan kalau kita memberi diri dipimpin oleh Roh Kudus.

Kalau Yesus saja yang adalah Tuhan merelakan diri-Nya dipimpin oleh Roh Kudus apa lagi kita, seharusnya kehidupan kita pun rela untuk dipimpin oleh Roh Kudus. Sebab tidak mungkin kita bisa menang atas pencobaan dengan kekuatan kita sendiri.

Jika kita merelakan diri untuk dipimpin oleh Roh Kudus, maka bukan kekuatan kita lagi yang berperang dengan pencobaan. Roh Kuduslah yang akan memampukan kita untuk mengalahkan pencobaan itu. Jadi, tidak ada kamus untuk kalah atas pencobaan jika Roh Kudus yang memimpin hidup kita.

2. Hidup dalam penguasaan firman Allah - Matius 4:3-10
Pada saat Iblis datang dengan menawarkan kebutuhan materi, menggugah kelemahannya dan menawarkan kekayaan dan kuasa, Yesus menghadapinya dengan firman Allah. Yesus menang atas pencobaan karena hidupnya dikuasai oleh firman Allah.

Kita juga akan mampu menangkal semua pencobaan yang datang menyerang kita, bila kita dikuasai oleh firman Allah. Firman Allah adalah pedang Roh yang dapat mematahkan dan menghancurkan semua siasat dan serangan Iblis - Efesus 6:17. Dengan firman Allah yang menguasai hidup kita, maka kita akan mampu mematahkan tipu daya Iblis, sehingga kita keluar sebagai pemenang.

3. Hidup dalam ketundukan kepada Allah - Matius 4:8-10
Ketika Iblis mencoba menawarkan kemewahan dan kuasa dunia kepada Yesus tetapi dengan persyaratan harus menyembah dia, Yesus dengan tegas menolaknya. Di sinilah kita melihat bahwa Yesus memiliki kehendak yang tunduk pada Allah.

Ketika Allah ditempatkan dalam posisi pertama dan utama dalam hidup kita, maka di sana tidak ada hal yang lain selain menyembah dan berbakti kepada-Nya. Kalau dengan sadar kita memberikan hak kita untuk mau taat kepada Allah, maka di sana tidak akan ada pencobaan yang mendapat tempat. Sebab ketaatan kepada Allah adalah kunci utama untuk menang atas pencobaan.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments