Tuesday, June 17, 2014

RAHASIA BERTUMBUH SECARA ROHANI

Rahasia bertumbuh secara rohani ~ Allah menghendaki agar kita terus bertumbuh dalam kehidupan iman dan rohani kita. Kita tidak terus tetap sebagai bayi rohani. Jika kita tetap hidup sebagai bayi rohani, maka ada yang tidak beres. Oleh karena itu perlu dibereskan.

Alkitab mengajarkan bahwa sebagai orang yang sudah percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, kita harus terus bertumbuh di tengah tantangan, hambatan dan ancaman di dalam perjalanan kita mengikut Kristus.

Pertanyaan penting yang perlu kita renungkan ialah: "Apa rahasianya agar kita tetap bertumbuh secara rohani?" Berikut beberapa rahasia yang dapat dipaparkan dalam tulisan ini (pembaca bisa menambahkan sendiri). Saya hanya memberikan paling sedikit ada lima rahasia, yaitu:


1. Tinggal di dalam Kristus
"Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia (red - Kristus)" - Kolose 2:6b. Tinggal di dalam Kristus artinya hidup kita berada bersama Kristus. Hidup kita dilingkupi oleh Kristus. Kristus menjadi gembala kita. Kita mau diatur oleh Kristus. Seluruh cita-cita, kerinduan, dan harapan hidup kita kita mau letakkan di dalam kekuasaan Kristus. Itulah yang akan membuat hidup rohani dan iman kita akan bertumbuh.

2. Berakar di dalam Kristus
"Hendaklah kamu berakar di dalam Dia (red - Kristus)" - Kolose 2:7a. Artinya, hidup kita selalu terkoneksi dengan Kristus. Dia sumber kekuatan rohani kita. Dialah yang menjadi sumber makanan rohani bagi hidup kita. Dialah yang mengalirkan aliran-aliran air hidup rohani yang kita butuhkan untuk bertumbuh dan dewasa dalam iman dan rohani kita. Karena itu, kita harus senantiasa terhubung secara dinamis dengan Dia.

3. Dibangun di atas Kristus
"Dan dibangun di atas Dia (red - Kristus)" - Kolose 2:7b. Artinya Kristus menjadi landasan atau dasar atau fondasi bagi bangunan hidup rohani kita. Di atas dasar itulah kita hidup dan bertumbuh semakin dewasa secara rohani. Dasar yang lain akan rubuh dan tidak bertahan. Hanya Kristuslah satu-satunya dasar yang kuat yang di atasnya kita membangun hidup rohani kita.

4. Hidup dalam ajaran iman Kristen
"hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu" - Kolose 2:7c. Artinya kita melakukan kebenaran firman Tuhan yang diajarkan kepada kita dalam hidup sehari-hari. Dengan kata lain, firman Tuhan yang kita dengar harus kita aplikasikan atau menerapkannya dalam totalitas hidup kita. Dengan cara demikianlah kita bisa bertumbuh secara rohani.

5. Hati limpah dengan syukur
"dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur" - Kolose 2:7d. Artinya apapun yang terjadi dalam hidup kita, biarlah hati kita selalu bersyukur karena kita tahu bahwa Tuhan ada dan terlibat aktif di dalam seluruh hidup kita. Kita tahu bahwa Dialah yang punya otoritas dan kedaulatan penuh atas hidup kita.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments