Thursday, August 28, 2014

CARA UNTUK INTIM DENGAN TUHAN

Cara untuk intim dengan Tuhan ~ Hal apakah yang harus dilakukan oleh seorang kekasih untuk mengenal pasangannya? Tentunya mereka harus memiliki hubungan yang akrab dan sering berkomunikasi bukan? Demikian pula halnya orang Kristen dengan Tuhan. Agar kita sebagai orang Kristen (gereja Tuhan = mempelai wanitanya Tuhan) mengenal Tuhan dengan baik, maka kita harus memiliki hubungan yang intim dalam doa dan firman Tuhan. 

Doa ibarat percakapan/komunikasi langsung dengan Tuhan, sedangkan firman Tuhan ibarat isi hati Tuhan yang tertulis untuk kita baca agar kita semakin mengenal Dia. 

Sudahkah kita memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan? Hal-hal apakah yang harus kita lakukan agar memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan dalam doa dan firman? Ada tiga hal yang perlu kita lakukan, yaitu:


1. Kasih yang Menyala-nyala  Akan Tuhan! (Matius 22:37-40). 
Perhatikanlah seorang anak muda yang sedang jatuh cinta, hal apakah sering dilakukannya dengan pasangannya? Pastinya berduaan bukan? Ya, dunia terasa milik berdua! Demikian pula halnya bila kita memiliki kasih yang menyala-nyala akan Tuhan, kerinduan dan keinginan untuk  bersekutu dengan-Nya pasti kuat dalam doa dan firman. Ceritakanlah kasih mula-mula Anda dan bandingkanlah dengan saat ini!
  
2. Waktu yang Khusus Buat Tuhan! (Matius 26:40-41, Maz 1:1-3). 
Bersekutu dengan Tuhan merupakan prioritas utama orang percaya, karena dalam persekutuan tersebut kita mendapatkan kekuatan, janji, semangat, dan juga kehendak Tuhan, sehingga kita tahu apa yang harus kita lakukan saat ini dan saat yang akan datang. Yesus memuji Maria karena memilih bagian yang terbaik dibandikan saudarinya Marta karena dia memberikan waktunya untuk diam dan mendengarkan apa kata Yesus (Lukas 10:41). Berapakah waktu yang Anda sediakan untuk bersekutu dengan Tuhan dalam doa dan firman?

3. Pengalaman Pribadi Bersama dengan Tuhan! (Kisah 22:6-22). 
Pengalaman Rasul Paulus dengan Tuhan mengubah hidupnya, dari seorang pembunuh menjadi seorang penginjil. Pengalaman itu pula yang memotivasi dirinya untuk terus bersekutu dengan Tuhan, karena pengala- mannya sungguh berkesan yang mana melalui pengalamannya itu, ia mengenal siapa Tuhan yagn disembah dan yang dilayaninya. Pengalaman apakah yang pernah anda alami bersama dengan Tuhan? Adakah pengalaman yang berhubungan dengan doa dan firman?

Setelah kita melakukan diskusi, saatnya kita menerapkan kebenaran Firman Tuhan tersebut dengan memikirkan dan merencanakan langkah-langkah nyata/praktis yang akan kita lakukan agar menjadi orang Kristen  yang kuat dalam doa dan firman. Tindakan konkrit apakah yang akan Anda lakukan untuk memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan dalam doa dan firman? Jelaskanlah rencana Anda!

Share this:

Related Posts
Disqus Comments