Wednesday, August 20, 2014

CIRI PRIBADI YANG PUNYA AKAR PAHIT

Ciri pribadi yang punya akar pahit ~ Suasana dan kondisi hati manusia akan berpengaruh besar terhadap kesehatan secara jasmani. Ada beberapa bagian firman Tuhan yang menjelaskan bahwa sebenarnya ada korelasi signifikan antara orang yang memiliki akar pahit dengan penyakit fisik.

Beberapa gejala kepahitan itu dijelaskan dengan beragam istilah oleh Alkitab. Misalnya, berdiam diri (hidup ngambek/hidup terisolasi/tidak mau bergaul/bersosialisasi), berkeluh kesah/bersungut-sungut, iri hati, semangat yang patah/tidak ada gairah hidup dan lain sebagainya. Bagian Alkitab dimaksud antara lain, Mazmur 32:3: "Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari". Amsal 14:30: "Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang". Amsal 17:22: "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang".


Seseorang dikatakan memiliki akar pahit jika ia tidak bersedia mengampuni orang yang telah melakukan kejahatan kepadanya. Juga tidak mau menerima situasi dan kondisi yang telah terjadi. Orang yang memiliki akar pahit akan menjadi orang yang gampang iri hati, mudah tersinggung, cepat marah dan gampang menghakimi orang lain.

Selain itu secara emosional, orang yang memiliki akar pahit, hidupnya menjadi lesu, tidak ada semangat hidup, hidup dalam kegelisahan dan mudah tertekan. Kecenderungan lainnya dari orang yang hidup dengan akar pahit ialah cepat bersungut-sungut, gampang berkeluh kesah tentang apapun juga sebab pada dasarnya ia sedang mengalami ketidakpuasan hidup dan jiwanya tertekan dengan kemarahan.

Akibatnya, orang-orang yang memiliki akar pahit dalam jangka waktu yang panjang (long time) akan mengalami berbagai gangguan kesehatan, dari yang sesekali muncul seperti pusing, sakit maag dan sebagainya, sampai dengan penyakit yang lebih permanen seperti kanker, eksim, darah tinggi dan sebagainya. Semua penyakit yang disebabkan oleh kepahitan tentu saja tidak akan menjadi sembuh hanya sekedar dengan obat-obatan secara medis. Obat yang paling manjur untuk orang yang memiliki akar pahit ialah pengampunan.

Orang-orang yang hidup dengan akar pahit harus membuat suatu keputusan yang berani untuk mengampuni orang-orang yang mengkhianati dia, yang memperlakukannya dengan tidak adil, yang melecehkan dan hal-hal lain yang membuatnya marah dan sakit hati. Orang yang hidup dalam kepahitan harus bisa menerima kenyataan hidup yang terjadi dalam hidupnya sepahit apapun.

Tanpa kemauan untuk mengampuni dan menerima kenyataan hidup semua upaya pengobatan dan doa tidak akan membuahkan hasil. Mujizat kesembuhan akan terjadi seiring dengan pengampunan yang diberikan karena dalam pengampunan kasih karunia Allah mengalit.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments