Wednesday, September 10, 2014

CARA MENGALAMI KUASA DOA

Bacaan: Yakobus 5:13-16
Doa adalah nafas hidup, urat nadi dan jantungnya orang percaya. Bila orang percaya tidak berdoa, maka ia bagaimanakan mayat hidup. Itu sebabnya doa memiliki peran sentral dan strategis di dalam hidup orang percaya. Orang Kristen yang berdoa tentu mendambakan jawaban yang diberikan Tuhan.

Mereka juga merindukan bahwa doa yang dinaikkan itu berkuasa untuk mennggerakkan kuasa Allah bekerja bagi umatNya. Apa rahasia doa yang berkuasa?

1. DOA YANG TAK BERKEPUTUSAN (Lukas 18:1). Dalam nats ini Yesus menyatakan perumpamaan tentang hakim yang tak benar untuk mengajar kepada murid-muridNya tentang doa yang tidak jemu-jemu. Doa menurut Tuhan Yesus, harus dilakukan terus-menerus sampai jawaban tiba. Mungkin untuk hal itu dibutuhkan waktu bertahun-tahun, tetapi kehendak Tuhan adalah agar kita berdoa dengan setia. Apa yang menghalangi Anda untuk setia dan tak jemu-jemu berdoa?

2. DOA YANG DISERTAI IMAN (Yakobus 1:6)
Salah satu musuh ketika kita berdoa adalah kebimbangan. Hal ini yang ditanamkan Iblis dalam pikiran kita supaya kita meragukan Allah. Tetapi doa yang berkuasa akan menembusi keraguan itu. Menurut Yakobus kebimbangan tidak akan membawa hasil apa-apa. Sebaliknya orang yang berdoa dengan imanlah yang akan mendatangkan kuasa dalam doanya. Apa yang sering membuat Anda bimbang ketika berdoa? Bagaimana Anda mengatasinya?

3. DOA DENGAN CARA YANG BENAR (Yakobus 5:16)
Bagian dalam nats ini mensyaratkan beberapa hal ketika kita mau doa kita berkuasa: (1) Adanya pengakuan dosa. (2) Hidup benar di mata Allah dan (3) Disertai dengan keyakinan. Apabila kita menuruti semua syarat itu, bersiaplah untuk menerima janji Tuhan melalui jawaban doa yang diberikanNya. Ceritakanlah pengalaman ketika Anda berdoa dan kemudian proses menerima jawabannya! Buatlah daftar pokok-pokok doa di dalam kelompok. Doakanlah terus dengan setia disertai iman dan cara yang benar di hadapan Allah. Saksikan satu dengan yang lain jika doa-doa itu telah mendapatkan jawaban Tuhan.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments