Monday, September 22, 2014

CIRI HIDUP MENJADI BERKAT

Ciri hidup menjadi berkat senantiasa dituntut dari setiap pengikut Kristus. Tuntutan tersebut memiliki alasan yang kuat karena Tuhan Yesus sendiri yang memerintahkan setiap pengikut-Nya untuk menjadi saluran berkat bagi sesama. Atas dasar itulah, maka tidak ada alasan bagi setiap pengikut Kristus untuk menghindar dari cara hidup yang menjadi berkat bagi orang lain.

BACAAN: GALATIA 6:1-10
Alkitab meringkaskan bahwa kehidupan kita adalah ekspresi kasih bagi Tuhan dan bagi sesama. Kasih kita kepada Tuhan dibuktikan dengan hidup yang dipersembahkan bagi kemuliaanNya. Kasih kepada sesama dibuktikan dengan sebuah kehidupan yang menjadi berkat. Apa yang kita pelajari dari nats di atas untuk menjadi berkat bagi sesama?


1. MEMIMPIN ORANG KE JALAN YANG BENAR (1)
Tidak ada sukacita yang lebih besar untuk menjadi berkat bagi sesama selain ketika kita mempersembahkan jiwa-jiwa kepada Kristus. Kita seharusnya berada dalam posisi “yang lebih rohani” membawa mereka ke jalan yang benar.  Mereka adalah orang-orang yang berada di dalam kegelapan dan kematian rohani. Tugas kita adalah mengenalkan mereka kepada Jalan yang Benar itu di dalam Kristus. Apakah Anda telah melaksanakan bagian memimpin orang ke jalan yang benar ini?

2. MENOLONG YANG LAIN MENANGGUNG BEBAN (2)
Semakin bertambah populasi manusia, semakin bertambah pula persoalan sosial yang mengikutinya. Dari satu sisi ini adalah masalah yang harus dipecahkan. Tetapi dari sisi lain inilah kesempatan bagi orang-orang percaya untuk menyatakan dan memberikan pertolongan.  Siapapun mereka yang membutuhkan pertolongan, marilah kita mulai mengulurkan tangan kemurahan hati kita. Kita memenuhi hukum Kristus dengan hal ini. Ceritakanlah pengalaman Anda membantu orang yang membutuhkan!

3. SENANTIASA BERBUAT BAIK (9-10)
Kehidupan yang menjadi berkat terpancar dari kebaikan hati seseorang. Kadang kita bosan berbuat baik ketika melihat respon negatif orang-orang yang kepadanya kita nyatakan perbuatan baik. Tetapi Alkitab menyatakan, “Jangan jemu-jemu berbuat baik!” Artinya, ada respon positif atau tidak, bukanlah alasan untuk menghentikan perbuatan baik kita. Perbuatan baik apa yang sudah Anda lakukan hari ini kepada orang lain? Mari tampilkan diri sebagai orang yang menjadi berkat bagi orang lain. Kita diberkati untuk memberkati!

Share this:

Related Posts
Disqus Comments