Wednesday, September 10, 2014

MENDIDIK ANAK DENGAN BIJAK

Bacaan: Amsal 22:6
Salah satu hal penting yang harus dilakukan orang tua terhadap anak-anak adalah mengajarkan bagaimana menggunakan uang dengan bijak. Berikut ini adalah peran orang tua terhadap anak, agar anak cerdas dalam hal keuangan:

1. MENGAJAR ANAK MENABUNG
Orang tua perlu menanamkan kebiasaan menabung kepada anak-anak. Ini membuat anak di kemudian hari tidak terbiasa berhutang atau kredit. Agar gemar menabung, belikan anak celengan. Disarankan celengan transparan sehingga dia bisa melihat uangnya makin bertambah. Bila anak sudah lebih besar bawa dia ke Bank untuk menabung di sana. Kebiasaan apa yang Anda ajarkan kepada anak-anak Anda selama ini tentang menabung?

2. MENGAJAR ANAK BERTANGGUNG JAWAB AKAN UANG
Arahkan anak-anak sesuai dengan tingkat pertumbuhan mereka untuk bertanggung jawab terhadap berkat Tuhan berupa keuangan. Lakukan secara bertahap untuk memberi uang saku harian, mingguan bahkan bulanan jika mereka sudah bisa dipercaya. Kemudian ajarkan juga untuk membuat laporan keuangan sederhana. Jangan lupa untuk mendidik mereka agar hidup hemat dan sederhana. Ajarkan mereka untuk membedakan “keinginan” dan “kebutuhan”. Ceritakanlah pengalaman Anda dalam menerapkan point ini!


3. MENDORONG ANAK MEMBERI PERSEMBAHAN dan MEMBERKATI SESAMA
Ajarkan dari sejak kecil mengenai Persepuluhan (Mal. 3:10). Setiap uang yang didapat, 10%nya harus dikembalikan kepada Tuhan. Dorong anak juga untuk bermurah hati dan mau menolong orang miskin, karena “Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.” (Amsal 22:9). Dengan demikian seorang anak bisa mengumpulkan harta yang abadi dan sejati yang sifatnya kekal sampai selamanya. Apa yang Anda ajarkan kepada anak-anak untuk melakukan prinsip ini? Buatlah jadwal tetap dengan anak-anak Anda untuk secara rutin mengajarkan dan memeriksa

pertanggungjawaban keuangan mereka.

Share this:

Related Posts
Disqus Comments