Tuesday, January 27, 2015

CARA EFEKTIF MENOLONG SESAMA KITA

Sulitnya keadaan, sering membuat kita menyerah, sehingga akhirnya kita tidak mendapatkan apa yang kita perjuangkan. Namun, melihat kegigihan orang lumpuh dan teman-temannya yang ada dalam cacatan Markus 2:1-12, menyadarkan kita bahwa sikap pantang menyerah patut mendapatkan perhatian Allah. 

Bagaimana cara efektif agar tidak mudah menyerah? Berdasarkan paparan Markus dalam Injilnya pasal 2:1-12, kita menemukan beberapa jawaban yang bisa kita jadikan acuan dan pegangan bagi hidup dan pergumulan kita.

1. Memiliki kepedulian kepada orang lain
Orang-orang yang membawa orang lumpuh itu adalah orang yang tidak hanya memikirkan dirinya sendiri - Markus 2:3. Tetapi mereka adalah orang yang melihat kebutuhan orang lain. Walaupun mereka tidak mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri tetapi karena kepentingan orang lain menjadi tujuan utama, mereka melakukan itu. 



Orang yang tidak menyerah adalah orang yang tidak egois. Kita akan mendapatkan jalan keluar kalau saja kita tidak hanya memikirkan diri sendiri tetapi kepentingan orang lain juga. Ketika kita memikirkan orang lain, maka Allah akan memikirkan pergumulan kita dan memberikan jalan keluar pada waktunya.

2. Memiliki krearifitas
Orang-orang yang menolong orang lumpuh ini tidak pernah putus asa melihat tantangan yang ada di hadapan mereka - Markus 2:4. Justru tantangan itu membuat mereka menjadi kreatif dan pada akhirnya memperoleh jalan keluar. Mereka mendapatkan hasil dari apa yang sedang mereka perjuangkan - Markus 2:5.

Orang yang tidak pernah menyerah adalah orang yang tidak akan pernah berhenti berusaha sebelum ia mendapatkan jalan keluar dari apa yang diperjuangkan. Dan kita akan semakin menemukan peluang-peluang yang ada bagi penyelesaian masalah yang ada.

3. Memiliki keyakinan yang kuat
Orang-orang yang membawa orang lumpuh ini adalah orang-orang yang memiliki keyakinan yang kuat - Markus 2:5. Itu terlihat dari sikap mereka yang tidak pernah menyerah walau tantangan terbentang di hadapan mereka. 

Mereka tidak berkecil hati sekalipun usaha mereka sepertinya sia-sia. Namun, karena keyakinan itu mendorong mereka untuk tetap melangkah maju sampai akhirnya tujuan mereka tercapai.

Orang yang tidak menyerah adalah orang yang didorong oleh keyakinan kepada Allah sehingga tidak ada alasan untuk berhenti sekalipun rasanya tidak ada harapan.

Memang kita sering dituntut untuk tetap percaya di saat tidak ada alasan untuk percaya. Tetapi orang yang tidak pernah menyerah akan tetap percaya kepada Tuhan karena bagi Tuhan tidak ada yang mustahi. 

Share this:

Related Posts
Newest Post
Disqus Comments